Bismillaahirrahmaanirrahiim…………………….
MENCEGAH MARAH
Sesungguhnya marah adalah ruhaknya neraka, maka apabila seseorang marah dalam keadaan berdiri maka duduklah, dan apabila seseorang itu sedang duduk maka berbaringlah sambil menempelkan badan ke tanah karena nantinya dia akan ingat hakekat mereka.
Jagalah olehmu jangan sampai kau marah karena marah itu dapat menghidupkan atau membakar dalam hati anak adam kepada neraka. Apabila sedang marah maka kedua matanya akan merah dan otot-ototnya membesar. Nabi Muhammad SAW berkata “ Sesungguhnya dari kamu sekalian terdapat seseorang yang cepat marahnya dan cepat sembuhnya serta ada juga dua orang yang berbeda yang pertama orang tersebut susah marahnya dan susah sembuhnya dari marah, orang yang kedua sebaliknya dia cepat marahnya dan cepat sembuhnya”. Nabi pun berkata “ Sebaik-baik orang dari kamu sekalian adalah orang yang susah marahnya dan cepat sembuhnya dari marah, dan seburuk-buruk orang dari kamu sekalian adalah orang yang cepat marahnya dan sulit sembuhnya dari marah.
Diceritakan ada seorang jariyah yang sedang membawa sayur panas kemudian dia terpeleset sehingga sayur panas yang dia bawa tumpah mengenai Maemun bin mihron, sehingga Maemun bermaksud memukulnya, tetapi jariyah tersebut berkata kepada Maemun  “Wahai tuanku amalkanlah olehmu firman Alloh “Walkaadimiinal Ghoidz” Bendunglah oleh kalian marah, sehingga Maemun menjawab Baiklah saya akan mengerjakannya, Jariyah berkata lagi “Maafkanlah mereka dan berbuat baiklah, sesungguhnya alloh mencintai orang-orang yang berbuat kebaikan. Sehingga setelah memaafkannya Maemun memerdekakan jariyah tersebut.
Ingat! Tiga perkara yang apabila kamu tidak memilikinya maka kamu tidak akan merasakan rasanya iman :
1.      Murah hati, karena murah hati dapat mencegah kebodohan orang yang bodoh.
2.      Waro’, yaitu menjaga daripada barang yang haram.
3.      Budi Pekerti yang baik kepada manusia.
Jadi janganlah kalian marah karena marah akan menyesatkanmu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

(Pengajian Ashar, Tanbihul Ghofilin, Hal. 73)
Bersambung……………..