Menurut etimologi adalah suara. Sedangkan secara terminologi adalah memanggil dengan huruf yang telah di tentukan yaitu lafadz يا.
Munada ada lima:
1.      MunadaMufrodAlamadalahtiap-tiapkalimat yang tidakterdiridariisimmudhofatau yang menyerupaimudhof. Sebagaimana yang telahdiungkapkanoleh imamKholildan imam SibawaihdalamSyairnya:
سلام الله  يا مطر عليها   وليس عليك  يا مطرالسلام
Artinya: HaiKyaiMathor,sampaikansalamnya Allah untukdia( محبوبة )dantidakuntukkamu, Haikyai Mathor.
SEKILAS.
Syai’ir  diatas adalah sebuah kisah.Kisah ini adalah kisah cinta. Tapi bukan cuma sekedar kisah cinta yang biasa. Ini tentang bagaimana menghadapi turun naiknya persoalan cinta dengan cara islami.

Mahasiswa yang sedang menyelesaikan studi S1 disebuah Unifersitas tertua di Indonesia.Seorang pemudasekaliguspenulis yang berpegang teguh pada prinsip hidup. Cerdas,dan simpatik hingga beberapa gadis jatuh hatitapi tidak ada satupun yang tersentuh untuknya. Namun pada suatu ketika dihadapkan pada kejutan menarik atas pilihan hatinya. Dia adalah seorang laki-laki rajin belajar. Dia tidak mengenal pacaran. Dia kurang mampu saat berhadapan dengan makhluk bernama perempuan. Hanya ada sedikit perempuan yang dekat dengannya selama ini. Neneknya, Ibunya dan saudara perempuannya.
Pada suatu saat muncullah seorang perempuan. Si mata indah berjilbab putih bagaikan rembulan bersinar dimalam hari yang telah menyihir sang penulis. Sang perempuan jatuh cinta pada sang penulis. Dan sang penulis juga tidak bisa membohongi hatinya (Ilove you to). Dia adalah seorang perempuan bercadar keturunan indonesia asli, cerdas, cantik dan kaya raya.Sang penulis sangat mencintai dan mengharap kehadirannya untuk menjadi pendamping dan sekaligus menjadi seorang ratu diistananya. Sejak itulah dia bertekat dan memberanikan diri untuk melamarnya, namun tanpa diduga lamaran tersebut ditolak tanpa ada alasan yang jelas. lalusang perempuan dijodohkan dengan pilhan orang tuanya. Dengan kejadian itulah dia merasa terpukul hatinya. dan atas kesedihannya dia tidak bisa berbuat apa-apa tapi hanya bisa mengungkapkannya dengan  menulis melalui sya’ir-sayairnya yang bagus.
2.      MunadaNakiraMaksudahadalahmemanggilsertaditentukansatupersatunya (tidak global).seperti: يا رجل
3.      Mnunada nakira khoiru maksudah adalah orang yang dipanggiltidakditentukansatupersatunya, danlafadnyatidakterdiridariduakalimatsepertiperkataan orang buta:
:يا غافلة عن ذكري افيقيHaiwanitapelupakepadaku, sembuhlah…..!!!.
4.      Munadamudlofadalahkalimat yang terdiridarisusunanmudlofdanmudlofilaihsepertiيامارض القلبي قم: Hai orang yang sedangpatahhati, bangkitlah….!!!.
5.      Munadasibhulmudlof (شبه المضاف)
يا مشتاقية الي اقرأ الى ما كتبته :Haiwanita yang sedangrindukepadaku, bacalahapa-apa yang pernahakutulis.
            Sibhul mudlof (menyerupai dengan mudlof) adalah kalimat isim yang ada hubungannya dengan kalimat sesudahnya, dan tidak diketahui karena amalnya atau karena athaf. Artinya bisa sempurna maknanya, itu masih bergantung dengan kalimat lain.Munada mufrod Alam dan nakira maksudah di mabnikan doma,seperti: يا احمد ,يا امرأة sedangkan munada nakira khoiru maksudah,munada mudlof, munada sibhul mudlof di nasapkan,seperti:يا رجلا خذ بيدي, يا غلام زيد, يا طلعا جبلا
Refrensi:
1.      تشويق الخلان
2.      كواكب