Semakin sering bertemu bukan malah semakin bosan akan tetapi kecintaannya semakin bertambah itulah cintanya seseorang yang didasari oleh tujuan yang sangat mulia yakni ingin bersama-sama sampai kesurga kelak nanti. kebersamaan selalu dihiasi dengan rasa kasih sayang dari hati yang mendalam (dengan keikhlasan), sikap dan perilaku dilandasi dengan ilmu sepanjang hari, sehari saja tidak berjumpa rasanya setahun, itulah cintanya sahabat Tsauban kepada baginda Rasulullah SAW.

                Seorang hamba sahaya bernama Tsauban amat menyayangi dan merindui Nabi Muhammad saw. Sehari tidak berjumpa Nabi, dia rasakan seperti setahun. Kalau boleh dia hendak bersama Nabi setiap masa. Jika tidak bertemu Rasulullah, dia amat berasa sedih, murung dan seringkali menangis. Rasulullah juga demikian terhadap Tsauban. Baginda mengetahui betapa hebatnya kasih sayang Tsauban terhadap dirinya. 
                Suatu hari Tsauban berjumpa Rasulullah saw. Katanya "Ya Rasulullah, saya sebenarnya tidak sakit, tapi saya sangat sedih jika berpisah dan tidak bertemu denganmu walaupun sekejap. Jika dapat bertemu, barulah hatiku tenang dan bergembira sekali. Apabila memikirkan akhirat, hati saya bertambah cemas, takut-takut tidak dapat bersama denganmu. Kedudukanmu sudah tentu di syurga yang tinggi, manakala saya belum tentu kemungkinan di syurga paling bawah atau paling membimbangkan tidak dimasukkan ke dalam syurga langsung. Ketika itu saya tentu tidak bersua muka denganmu lagi."  Mendengar kata Tsauban, baginda amat terharu. Namun baginda tidak dapat berbuat apa-apa kerana itu urusan Allah. Setelah peristiwa itu, turunlah wahyu kepada Rasulullah saw, bermaksud "Barangsiapa yang taat kepada Allah dan RasulNya, maka mereka itu nanti akan bersama mereka yang diberi nikmat oleh Allah yaitu para nabi, syuhada, orang-orang soleh dan mereka yang sebaik-baik teman." Mendengarkan jaminan Allah ini, Tsauban menjadi gembira semula. 
Cinta kepada seseorang karena sikap dan ahli ibadah adalah cinta sejati yang dilandasi keimanan yang kuat serta bermakna mencintai Allah.  Siapa saja yang kita sayangi didunia dengan dasar karena Allah, insyallah akan bersama  di akhirat nanti. Sebagimana nabi bersabda:
وفي رواية للبخاري قال: قيل للنبي" صلعم" (( الرجل يحب القوم ولما يلحق بهم ؟)) قال: ((المرأ مع من احب  )).
Artinya: dalam riwayatnya imam bukhori berkata: nabi Muhammad SAW dipertanyakan " seorang laki-laki mencintai kaumnya,ketika ia bertemu dengannya? Nabi bersabda: seseorang akan dipetemukan dengan orang yang dicintainya.
Orang yang mencintai Rasulnya atau mencintai seseorang karena keimanan dan ketakwaannya maka ia akan bersama disurga dengan dasar niatnya tersebut karena niat adalah dasar utamanya.
 Hati yang dalam kecintaannya kepadap orang yang disayangi tentu merasa rindu yang amat dalam, dan seandainya jika memang ditakdirkan tidak bisa dipertemukan didunia maka perpisahan tersebut harus diniatkan kerena Allah semata, maka akan mendapat naungan Arasy di hari akhirat kelak, dan hal tersebut pasti Allah akan mempertemukannya. Allah amat mengetahui mana-mana umatnya yang mencintai seseorang karena-Nya. Sebagaimana nabi bersabda:
وعن ابن مسعود رضي الله عنه قال: جاء رجل الى رسول الله "صلعم" فقال: يا رسول الله كيف تقول في رجل احب قوما ولم يلحق بهم؟. فقال رسول الله "صلعم"(( المرأ مع من احب)).متفق عليه
Artinya: dari ibnu masud berkata: datang seorang laki-laki kepada baginda Rusullah berkata: Ya Rasulullah bagimana pendapatmu tentang seorang laki-laki mencinta kaumnya, kemudian ia tidak bisa bertemu?.Rasulullah bersabda: seseorang akan dipertemukan dengan orang yang dicintainya.
                Kangen atau rindu kepada seseorang apabila diniatkan dengan tepat dan benar bukan karena mengikuti hawa nafsunya maka hal demikian akan mendapat pahala dan balasan dari Allah kelak di akhirat. Yang menjadi tolak ukur apakah dia mencintainya  karena Allah atau karena mengikuti hawa nafsunya itu bisa dilihat dari sikap dan tutur katanya,apabila kecintaan tersebut karena Allah maka akan bertahan lama, dan bersifat semu apabila kecintaan tersebut karena mengikuti hawa nafsunya.[]