twitter

Pages

Minggu, 18 Desember 2011

Pak kailani Vs Bu kailani


  • Pak kailani: As wr wb.
  • Bu kailani: wa alaikum salam wb wbr.
  • Pak kailani: bu guru gimana materi pelajaran kailani sudah selesai apa belum ingat loo bu ujian sudah hampir dekat.kasihan anak-anak kalau belum selesai nanti mereka bingung.
  • Bu kaliani: sudah selesai gimana, ini loo pak di bab ini ada yang muskil, saya pelajari berulang-ulang masih saja belum faham, mau selesai gimana.
  • Pak kailani: yang mana yang kamu tidak faham, tolong bilang, mungkin saya bisa bantu.
  •  Bu kailani: di BAB mudloah ini loo pak,aku gak faham sama sekali, dan halaman……saya baca ya:
  وانما المضاعف الحق بالمعتلات,لان حرف التضعيف يلحقه الابدال
 كقولهم امليت, والحذف كما قالوا مست.
  • Pak kailani: ooh ini yang kamu gak faham, coba saya jelaskan ya "insya Allah kalau benar"?, Artinya: binak mudloaf itu di samakan dengan fiil mu'tal karena hurufnya ada yang di buang dan ada yang di ganti, contoh yang di buang seperti: مست asalnya مسست harokat sin yang pertama di pindah pada sebelumnya, sesudah di rusak harokat sebelumnya maka jadi  مسست lalu bertemu sukun dua yaitu siin pertama dan kedua, lalu siin pertama di buang karena menolak bertemunya sukun dua. Jadi  مست. dan contoh yang di buang seperti lafadz امليت asalnya امللت lam yang nomer dua di ganti ya karena sulit (berat) untuk mengucapkan maka jadi امليت.
  • Bu kailani : oh gitu ya pak, jadi sekarang aku sudah faham.
  • Pak kailani: makanya kalau waktu ngaji jangan banyak melamun, konsentrasikan pikiranmu, dan jangan banyak negrumpi, gunakan waktu senggangmu di isi dengan belajar,biar tidak seperti ini jadinya. faham kamu.
  • Bu kailani : iya aku sudah faham ma kasih pak,  kamu sudah menolong aku, kini aku mau berubah, mau belajar lebih giat lagi.
  • Bu kailani: ngomong-ngomong kalau nanti saya tidak faham pada satu pelajaran boleh tidak saya bertanya.
  • pak kailani : boleh-boleh saja, tapi sebatas kemampuan saya, kalau nanti saya tidak kamu jangan marah ya akan tetapi saya usahakan sammpu saya oke?.
  • Bu kailani: oke pak guru, terima kasih ya atas semuanya,mudah-mudahan Allah membalas atas kebaikanmu kepadaku.
  • Bu kailani: nanya nih? Sebenarnya belajar kitab kailani ini berapa tahun sih untuk menguasai pelajaran ini.
  • Bu kailani: kalau boleh jujur satu tahun sudah bisa, dan itu juga tergantung skil dan kemampuan yang dimiliki, itupun kalau belajarnya konsisten dan penuh kesabaran, tidak pantang menyerah jika ada satu kemuskilan.
  •  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar