Remaja adalah ujung tombak dari pada penerus masa depan yang telah diharap-harapkan oleh pemimpin sekarang, maka dari pada itu remaja harus menyadari betul terhadap dirinya, bahwa pemuda hari ini  adalah pemuda yang dinanti-nantikan untuk mempunyai sifat kepemimpinan sebagai penerus masa depan, tentunya yang paling mengenal dan paling tahu adalah dirinya sendiri. Oleh karena itu remajalah yang harus bertanggung jawab terhadap masa depannya itu. sayokyanya remaja perlu atau harus belajar mengenal siapa sesungguhnya dirinya, apa kekurangannya "baik itu dari sikap kepribadiannya atau dari segi keilmuannya".sebagaimana sabda nabi:
ااغد عالما او متعلما او مستمعا او محبا ولا تكن الخامسة فتهلك
( رواه البيهقى )                      
                Artinya: jadilah kamu orang alim atau selalu belajar atau mendengarkan atau senang kepada ilmu dan janganlah menjadi yang nomer lima ( orang bodoh) maka rusaklah kamu.         
    
 dan apa kelebihannya, baik itu mulai dari sesuatu yang pernah di perbuat atau yang telah dikerjakan apakah sudah mencukupi, untuk di jadikan sebagai pemimpin masa depan, atau sudah punya rencana yang akan di lakukan  apakah sudah berada di benak pikiranya atau hanya santai-santai saja.sedangkan orang orang lain seperti kerabat, sahabat, termasuk orang tua itu hanya bisanya membantu memecahkan persoalan-persoalan yang sedang di hadapinya tidak bisa menentukan nasibnya kedepan apakah baik atau tidak. sebaliknya jika remaja sekarang ini sudah tidak pernah mengenal siapa dirinya dan apa tujuannya dan apa yang harus dilakukan,dan apa yang telah di perbuat selama ini, berdampak positif kedepan, maka rusaklah calon-calon pemimpin yang akan datang.
                Maka dari pada itu remaja harus waspada dan berhati-hati sebagaiman sabda nabi:
ااغتنم خمسا قبل خمس حياتك قبل موتك وصحتك قبل سقمك وفراغك قبل شغلك وشبابك قبل هرمك وغناك قبل فقرك
( رواه البيهقي ابن عساكرعن علي)    
                Artinya: jagalah yang lima sebelum datangnya yang lima, hidupmu sebelum matimu, sehatmu sebelum sakitmu, waktu kosongmu sebelum sibukmu, mudamu sebelum tuamu, kayamu sebelum miskinmu.
Jika remaja hari ini sudah mengenal siapa dirinya dan apa tujuan sesungguhnya, maka itu  merupakan langkah awal yang sangat bernilai positif dan sangat besar pengaruhnya untuk menjadi sukses (pintar) dimasa yang akan datang. maka dari pada itu kita sebagai remaja harus belajar meluangkan waktu untuk berdialok dengan dirinya sendiri agar mengenal dirinya, atau orang tua yang sedang mendidik putra-putrinya untuk memberi peluang dan memberi kesempatan untuk belajar berfikir, dan memberi pengarahan apa tujuannya kedepan. keberhasilan remaja sangatlah menentukan, hanya tergantung apakah remaja hari ini mau menyikapinya dengan positif atau negatif.Allah SWT berfirman di dalam al Qur'an:
ان الله لا يغير بقوم حتى يغيروا ما بانفسهم
Artinya:
               Sesungguhnya Allah tidak merubah kedaan suatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada dirinya mereka sendiri.(Ar-Ra'du (13):11).
Kalau dilihat dari sisi kehidupan remaja adalah merupakan masa yang paling sulit dan paling kritis yang dilalui oleh individu, hal seperti itu diperlukan kesadaran dan bimbingan yang harus disemai dan dilalui dengan kesabaran dan berhati-hati karena kalau sampai salah akan berdampak fatal kedepannya, ibarat ranting (tumbuhan) yang kecil kalau di biarkan sampai besar akan bengkok dan sulit untuk di betuli kalau di paksa akan patah, begitulah remaja kalau tidak dibenahi sedini mungkin dan di arahkan dengan baik. remaja sangat sering dibacarakan karena remaja banyak terjadi perubahan dari individu mulai dari fisik atau psikologis.dari kondisi prubahan tersebut, remaja biasanya sudah tidak mau dikatakan sebagai kanak-kanak namun remaja tidak bisa di katakan sebagai orang dewasa kalau dilihat dari berbagai kesiapan yang sedang dimiliki.
                Remaja terkadang bingung sulit memecahkan suatu permasalahan yang ada pada dirinya apakah yang harus dilakukan, maka dari pada itu remaja harus berkomunikasi dengan orang terkedekat atau kepada orang yang ahli (oarang alim/ulama') jangan sampai menyendiri yang membuat pikiran membeku. Sehingga persoalan yang sedang dihadapi mudah di pecahkan dengan baik, jangan sampai dibawa kepada orang yang tidak memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah sehingga tidak menimbulkan bertambah masalah yang tidak bisa dippecahkan.
                Sebagaimana firman Allah:
فسئلوا اهل الذكران كنتم لا تعلمون
                Artinya: maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui,(An-nahl (16):43).      
Dengan adanya komunikasi yang baik maka akan mudah di pecahkan dengan baik minimal mereka bisa melepaskan ketegangan dan kebingungan yang telah terpendam selama mereka jalani. walaupun ksuksesan atau keberhasilan tanggung jawab dirinya sendiri namun remaja tidak lepas bersosial yang terkadang menyebakan kegagalan yang disebakan tidak dilalui dengan baik. maka dari pada itu remja memerlukan tips-tips dibawah ini agar terhindar dari kegagalan sehingga bisa melalui dengan baik dan bernilai positif. Diantaranya:
·         bersifat terbuka dengan kedua orang tua atau orang yang di tuakan.
Orang tua adalah guru yang paling dekat dan paling mengerti keadaan anaknya. Oleh karna itu yakin orang tua pasti memiliki niat baik jika suatu saat memberi nasehat atau menegurnya.maka dari pada itu ungkapkan perasan hatinya dengan terbuka dengan sebaik-baiknya jangan sampai dipendam.sedangkan orang tua adalah orang paling banyak berpengalaman yang dimililki dan jadikanlah pengalaman orang tua sebagai pedoman untuk kehidupan yang akan datang.jangan sampai mempunyai fikiran orang tua tidak bisa menyelesaikan masalah yang menyebabkan melakukan tindakan tampa sepengetahuan orang tua kerena remaja pada dasarnya yang dikedepankan hanyalah hawa nafsu yang tak pernah memikirkan dua kali (terburu-buru) maka dari pada itu perlunya remaja berkomunikasi dengan baik.
·         mencari seorang sahabat.
Sangat penting bagi remaja mencari seorang sahabat yang dapat dipercaya dan dijadikan sebagai sandaran ketika ada suatu masalah yang tidak bisa didiskusikan dengan kedua orang tua. mencari sahabat harus tahu benar siapa teman yang akan kita dampingi apakah teman tersebut mempunyai sifat negatif atau tidak, karena akan mudah mempengaruhi tingkah laku kedepan bukan hanya dari kerakter melainkan sikap dan prilaku sehari-hari.teman atau sahabat merupakan tempat di mana kita belajar berkomunikasi denga baik, belajar saling menghormati pendapat orang lain, belajar saling tenggang rasa, tolong menolong satu sama lain. Kesemua itu sangat penting dan bermanfaat bagi kehidupan yang akan datang. mungkin secara jangka pendek tidak terasa, akan tetapi itu akan mempengaruhi kedepan nanti. Akan tetapi yang sangat perlu diingat adalah teman atau sahabat yang mempunyai nilai positif kedepan jangan sampai salah memilih teman yang mengakibatkan dampak negatif.memang remaja terkadang lupa tidak menghindari diri terhadap teman yang tidak mempunyai tujuan yang jelas, hal tersebut karena ada bebberapa hal yang meneyebabkan mudah terpengaruh antara lain karena kurangnya mempunyai sifat PD mudah terpengaruh, sehingga tidak bisa mengatkan "TIDAK" kalau tidak sesuai dengan hati nuraninya.dalam masalah PD banyak sekali remaja terombang ambing dalam bergaul sehingga menyebabkan mudah terpengaruh karena tidak mempunyai sifat PD yang tinggi.                          
                 Informasi yang berkenaan dengan tentang pengembangan diri terhadap remaja itu sangat dibutuhkan termasuk mereka yang berada dilinkungan pesantren agar mereka belajar berfikir,  menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang mereka miliki dengan baik yang semestinya di raih dengan semaksimal mungkin. Oleh karena itu sangat diharapkan pihak-pihak yang memiliki kopetensi dalam dunia pendidikan untuk selalu mencoba berusa bergerak, bagaimana caranya remaja hari ini menjadi pemuda yang mempunyai sifat kepemimpinan yang bertanggung jawab dimasa yang akan datang. dengan adanya informasi atau prndidikan tersebut minimal remaja telah mengetahui serta kemungkinan kecil remja yang akan datang tidak menimbulkan beresiko negatif. 
Remaja (santri) yang dikembangkan oleh pesantren yang melalui metode mutakhir  yakni diberikan pendidikan tentang bagaimana remaja mengenali dirinya dan bertanggung jawab tentunya pesantren seperti itu perlu dan patut diajungkan jempol, karena remaja ibaratkan air yang bersih, dari kotoran (kosong).tentunya perlu dijaga dan dirawat dengan baik agar bisa diminum dengan segar dan nikmat segaligus menyehatkan.
   Semua penjelasan di atas adalah suatu cara bagaimana remaja membuka atau diberi peluang agar berfikir supaya mereka mengetahui berbagai aspek yang berkaitan dengan pengembangan diri.dengan adanya pengetahuan tersebut, para remaja memiliki sikap dan tingkah laku yang bertanggung jawab yang seharusnya dijalani dengan positif. Pendidikan tersebut perlu dipelajari dan diajarkan sedini mungkin untuk mempersiapkan diri supaya remaja hari ini mempunyai angan-angan atau mencoba melakukan sedikit demi sedikit hal-hal yang bersifat positif untuk dijadikan pesiapan yang akan datang sehingga setelah dewasa mudah terbiasa dan terlatih dengan